Minggu, 23 Februari 2020

PEMANFAATAN PORTAL INFO KLARI UNTUK SOSIALISASI POTENSI KEWIRAUSAHAAN BAGI MASYARAKAT KECAMATAN KLARI KABUPATEN KARAWANG

Permasalahan mitra berkaitan dengan kegiatan ini ialah belum adanya kemudahan mengakses informasi seputar Kecamatan Klari, termasuk mengenai potensi kewirausahaan. Dalam hal ini Kecamatan Klari meliputi 13 desa, yaitu  Karang Anyar, Curug, Cimahi, Sumur Kondang, Walahar, Kiara Payung, Gintung Kerta. Anggadita, Klari, Cibalong Sari, Duren, Pancawati dan Belendung. Delapan dari 13 desa di Kecamatan Klari tergolong desa perkotaan, dan lima desa masuk desa pedesaan. (BPS Kab Karawang, 2017).
Dalam hal ini masyarakat Kecamatan Klari  akan mendapat kemudahan dalam mengakses informasi seputar Kecamatan Klari,  termasuk mengenai potensi kewirausahaan. Cukup dengan satu portal dengan konten yang meliputi katagori : Wilayah, Sosial politik, Ekonomi Bisnis (Kewirausahaan), Desa, Edukasi, Agama, Wisata dan  Lingkungan.


Potensi kewirausahaan wilayah dan masyarakat Kecamatan Klari dapat digali lebih lanjut, baik dibidang agrobisnis (perikanan, peternakan, hortikultura, pangan, perkabunan), industri, pariwisata, kuliner dan sebagainya. Akses terhadap informasi mengenai potensi kewirausahaan akan menjadi lebih mudah jika disajikan melalui media online yang dapat diakses selama 24 jam. Portal Info Klari dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, selain potensi kewirausahaan, teredia juga rubrik mengenai sosial politik, desa, edukasi, agama, dan sebagainya. Sehingga solusi yang ditawarkan ini dapat membantu memecahkan persoalan komunikasi dan informasi antara pemerintah desa dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten  serta pemerintah desa dengan masyarakat, terutama menyangkut potensi kewirausahaan.

Untuk pemecahan masalah keterbatasan informasi mengenai potensi kewirausahaan wilayah dan masyarakat setempat,  maka pembuatan Portal Info Klari dan sosialiasinya  diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi wilayah, pemberdayaan masyarakat dan perkembangan usaha kecil dan menengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Camat Klari dukung Program Citarum Harum

"Dalam acara minggon kecamatan saya selalu tekankan pada para kepala desa agar selalu menjaga K3 sesuai dengan perda nomor 6 tahun 20...