Sabtu, 15 September 2018

Desa-desa Di Kecamatan Klari

Desa-desa Di Kecamatan Klari
(BPS Kab Karawang 2018)
Info Klari - Kecamatan Klari terdiri dari 13 desa tersebar di bagian utara terdiri dari Desa Anggadita, Klari, Gintungkerta, Cibalongsari, dan  Belendung; Di bagian tengah meliputi  Desa Kiarapayung, Walahar,  Duren, Pancawati, Sumurkondang dan Cimahi; Di bagian selatan meliputi Desa Curug dan Karanganyar. Ibukota Kecamatan Klari (Kantor Camat) terletak di Desa Duren.


Desa yang lokasinya paling jauh dari Kantor Camat ialah Karanganyar sekitar 10,8 km; Curug 8,1 km dab Belendung 6,3 km. Sedangkan jarak dari Kantor Camat Klari ke ibukota Kabupaten Karawang (Kantor Bupati) sekitar 13 km.

Desa-desa di Kecamatan Klari berada pada ketinggian 15 - 23 m di atas permukaan laut (dpl), dengan demikian semua desa berada di dataran rendah. Dari 15 desa di Kecamatan Klari delapan desa di antaranya (Sumurkondang, Walahar, Kiarapayung, Gintungkerta, Anggadita, Cibalogsari, Duren dan Pancawati) termasuk daerah perkotaan dan lima desa (Karanganyar, Curug, Cimahi, Klari dan Belendung) termasuk daerah pedesaan; Tiga desa tergolong desa swadaya, 10 desa swakarya dan tidak ada desa swasembada.

Menurut Badan Pusat Statistik (2010), untuk memahami klasifikasi desa  perlu dijelaskan tentang beberapa pengertian secara statistik, sebagai berikut:

a. Daerah perkotaan, adalah suatu wilayah administratif setingkat desa/kelurahan yang memenuhi persyaratan tertentu dalam hal kepadatan penduduk, persentase rumah tangga pertanian, dan sejumlah fasilitas perkotaan, sarana pendidikan formal, sarana kesehatan umum, dan sebagainya.

b. Daerah perdesaan, adalah suatu wilayah administratif setingkat desa/kelurahan yang belum memenuhi persyaratan tertentu dalam hal kepadatan penduduk, persentase rumah tangga pertanian, dan sejumlah fasilitas perkotaan, sarana pendidikan formal, sarana kesehatan umum, dan sebagainya.

Dengan demikian sebagian besar wilayah Kecamatan Klari sudah mengarah pada daerah perkotaan. (Atep Afia Hidayat/ Info Klari)

Sumber :
BPS Kab Karawang. 2018. Kabupaten Karawang dalam Angka 2017.
BPS. 2010.  Klasifikasi Perkotaan dan Pedesaan Di Indonesia (Peraturan Kepala BPS No 37 Tahun 2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Camat Klari dukung Program Citarum Harum

"Dalam acara minggon kecamatan saya selalu tekankan pada para kepala desa agar selalu menjaga K3 sesuai dengan perda nomor 6 tahun 20...