Jumat, 14 September 2018

Klari dan Wilayah 29 Kecamatan Di Kabupaten Karawang

30 Kecamatan Di Kabupaten Karawang
(https://karawangkab.bps.go.id/)
Info Klari - Karawang merupakan salah satu dari 27 daerah otonom yang ada di Provinsi Jawa Barat (18 kabupaten dan sembilan kota), meliputi 30 kecamatan, 297 desa dan 12 kelurahan. Kecamatan dengan jumlah desa paling banyak (14 desa ) ialah Jatisari, Telagasari dan Tempuran, sedangkan Kecamatan Klari meliputi 13 desa. Dari 12 kelurahan yang ada tersebar di Kecamatan Karawang delapan kelurahan, dan di Kecamatan Karawang Timur empat kelurahan.

Luas Kabupaten Karawang mencapai 1.753,27 km2; Lima kecamatan dengan wilayah paling luas ialah Ciampel, Pangkalan, Tirtajaya, Batujaya dan Tempuran. Luas kelima kecamatan tersebut mencapai 27,18 persen dari luas Kabupaten Karawang. Kecamatan Klari memiliki luas wilayah 59,37 km2 atau sekitar 3,39 persen dari luas Kabupaten Karawang.

Dari 30 kecamatan di Kabupaten Karawang, sembilan di antaranya memiliki kawasan pesisir berbatasan dengan Laut Jawa, terletak di bagian utara Kabupaten Karawang yaitu Kecamatan Pakisjaya, Batujaya, Tirtajaya, Cibuaya, Pedes, Cilebar, Tempuran, Cilamaya Kulon dan Cilamaya Wetan. Sedangkan Kecamatan Klari berada di bagian selatan Kabupaten Karawang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purwakarta dan lokasinya berdekatan dengan Waduk Jatiluhur.

Selain berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara , wilayah Kabupaten Karawang juga berbatasan dengan Kabupaten Subang di sebelah timur; Kabupaten Purwakarta di sebelah selatan; serta Kabupaten Bogor dan Bekasi di sebelah barat.

Kecamatan di Kabupaten Karawang yang berbatasan dengan Kabupaten Subang ialah Kecamatan Cilamaya Wetan, Banyusari dan Jatisari; Sedangkan yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta ialah Kecamatan Kotabaru, Cikampek, Klari, Ciampel, dan Tegalwaru; Dengan Kabupaten Bogor ialah Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan; serta dengan Kabupaten Bekasi berturut-turut Kecamatan Pangkalan, Telukjambe Barat, Karawang Barat, Rengasdengklok, Jayakerta, Batujaya dan Pakisjaya. (Atep Afia Hidayat/Info Klari)

Sumber :
BPS Kab Karawang. 2018. Kabupaten Karawang dalam Angka 2017. Dalam https://karawangkab.bps.go.id/publication.

KPU. 2014. Peta Dapil Kab Karawang. Dalam http://kpu.go.id/dmdocuments/3215_karawang.pdf.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Camat Klari dukung Program Citarum Harum

"Dalam acara minggon kecamatan saya selalu tekankan pada para kepala desa agar selalu menjaga K3 sesuai dengan perda nomor 6 tahun 20...