Jumat, 14 September 2018

Kecamatan Klari dan Gerakan Citarum Harum

Bendungan Walahar Desa Walahar Kec Klari
(https://youtu.be/r6o_ft67gLw)
Oleh : Atep Afia Hidayat - Kecamatan Klari meliputi 13 desa, di mana tujuh desa di antaranya memiliki wilayah yang termasuk kawasan Daerah Alisran Sungai (DAS) Citarum. Ketujuh  desa tersebut (berutut-turut dari selatan ke utara)  ialah Curug, Cimahi, Sumurkondang, Walahar, Kiarapayung, Gintungkerta dan Anggadita. Sungai Citarum merupakan batas alam antara Kecamatan Klari dengan Kecamatan Ciampel dan Telukjambe Timur.


Adapun desa-desa di Kecamatan Ciampel yang memiliki kawasan DAS Citarum dan berbatasan dengan Kecamatan Klari  ialah Mulyasejati, Mulyasari, Kutapohaci, Kutamekar dan Parungmulya. Sedangkan desa di Kecamatan Telukjambe Timur yang memiliki kawasan DAS Citarum dan berbatasan dengan Kecamatan Klari  ialah Desa Telukjambe.

Kondisi ekosistem Sungai Citarum sudah sangat rusak, sehingga perlu ada penanganan yang lebih serius. Gerakan Citarum Harum yang digagas Pangdam Siliwangi kini menjadi perhatian pemerintah pusat, antara lain dengan diterbitkannya Perpres No. 15 Tahun 2018.  Perpres tersebut antara lain mengatur : Upaya penguatan dan terobosan program yang telah dilakukan; Keterpaduan antara instansi dan pemangku kepentingan; Integrasi kewenangan pusat dan daerah (provinsi, kabupaten/kota); Pelibatan TNI : Operasi Militer Selain Perang (OMSP); serta Pencegahan dan penegakan hukum secara terpadu.

Dalam menjalankan OMSP yang dilakukan oleh Kodam Siliwangi, Sungai Citarum dibagi menjadi 22 sektor; Setiap sektor memiliki komandan sektor (Dansektor) tersendiri yang berpangkat kolonel. Sektor 1 meliputi wilayah Situ Cisanti, hulu Sungai Citarum yang berada di Kawasan Gunung Wayang, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, atau yang dikenal dengan kilometer nol.

Di wilayah Kecamatan Klari terdapat empat  sektor, yaitu Sektor 15 Outset Jatilihur - Bendungan Curug (sebagian wilayahnya masuk Kabupaten Purwakarta); Sektor 16 Bendungan Curug - Walahar; Sektor 17 Bendungan Curug - Jembatan Cibeet; dan Sektor 18 Walahar - Jembatan Rumah Embe. (Atep Afia Hidayat/ Info Klari). Sedangkan Sektor 19 Jembatan Rumah Embe - Jembatan Medang Asem; dan Sektor 20 Jembatan Medang Asem - Muara Gembong, juga masuk wilayah Kabupaten Karawang.


Sumber :
Anonim. 2018. Daftar Kontak Dansektor Citarum Harum. Dalam https://citarik.wordpress.com/2018/03/19/daftar-kontak-dansektor-citarum-harum/

Kumparan. 2018. Gonta-ganti Jurus Pemerintah untuk Citarum. Dalam https://kumparan.com/@kumparannews/gonta-ganti-jurus-pemerintah-untuk-citarum.

Kopertis 3. 2018. KKN Tematik Citarum Harum. Dalam http://kopertis3.or.id/v5/wp-content/uploads/Paparan-Sespel-Kopertis-Wilayah-III-Jakarta.pdf .

Setiawan. Wawan. 2018. Citarum Harum Kabupaten Karawang. Dalam http://kopertis3.or.id/v5/wp-content/uploads/Paparan-Kadis-LHK-Kab-Karawang.pdf






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Camat Klari dukung Program Citarum Harum

"Dalam acara minggon kecamatan saya selalu tekankan pada para kepala desa agar selalu menjaga K3 sesuai dengan perda nomor 6 tahun 20...