Kamis, 17 Januari 2019

Mengenal Desa Duren

Desa Duren Kec Klari Kab Karawang
(https://goo.gl/maps/3vy4iFLrwr32)
Info Klari - Kecamatan Klari Kabupaten Karawang meliputi 13 desa, salah satu di antaranya ialah Desa Duren. Di Desa Duren terletak Kantor Kecamatan Klari sebagai pusat pemerintahan Kecamatan Klari. Adapun batas wilayah Desa Duren meliputi sebelah utara dengan Desa Cibalongsari; sebelah timur dengan Desa Pancawati;  sebelah selatan dengan Desa Belendung dan Walahar; serta sebelah barat dengan Desa Gintungkerta dan Cibalongsari.    Desa Duren mengalami metamorfosa dari semula desa agraris menjadi desa perkotaan yang didominasi sektor industri dan perdagangan.  


Kantor Desa Duren sebagai pusat pemerintahan Desa Duren, berjarak sekitar 13 km arah tenggara dari Pusat Pemerintahan  Kabupaten Karawang (di Kelurahan Adiarsa Kecamatan Karawang Timur). Wilayah Desa Duren dihubungkan oleh jalan arteri yang menghubungan  Karawang dengan Cikampek. Desa Duren juga dilalui Jalan Tol Jakarta Cikampek, sebagian ruas jalan tol menjadi batas antara Desa Duren dengan Desa Walahar; dan antara Desa Duren dengan Desa Pancawati.

Selain Kantor Kecamatan Klari, di Desa Duren antara lain berlokasi UPTD Puskesmas Kecamatan Klari, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Klari, Masjid Besar Miftahuttaqwa, Koramil 0412/Klari, Polsek Klari, SMP Negeri 1 Klari, SMA Negeri 1 Klari, SMA Texar. Pasar Kosambi, dan sebagainya. Beberapa perumahan seperti Perumahan Taman Sakinah Klari, Perumahan Bumi Kosambi Permai,  Perumahan Puri Kosambi, Perumahan Kandiwa Permai II. Beberapa perusahaan seperti Hotel dan Resto Grand Pangestu, PT Texmaco Perkasa Engineering, Tbk, PT K2 Industries Indonesia, PT Lancar Sentosa, dan sebagainya.  

Desa Duren memiliki luas wilayah 2,40 km2 (sekitar 4,04 persen dari luas Kecamatan Klari. Sebagai catatan yang wilayahnya paling luas di Kecamatan Kalri ialah Desa Karanganyar, yaitu 15,68 km2 (sekitar 26,40 persen dari luas wilayah Kecamatan Klari). Desa Duren berstatus Desa Perkotaan dengan klasifikasi Swakarya.  Pada tahun 2017 Desa Duren meliputi 10 dusun, 16 RW dan 78 RT. Sedangkan jumlah aparatur Desa Duren sebanyak delapan orang, dengan 11 orang anggota BPD. Selain itu terdapat 21 orang Hansip, satu orang Babinsa (TNI) dan satu orang Babin Kamtibmas (Polri).

Pada tahun 2017 Desa Duren berpenduduk sebanyak 29.554 jiwa (meliputi 15.018 jiwa laki-laki, dan 14.536 jiwa perempuan; dengan sex ratio 103) , sehingga kepadatan penduduknya 12.314 jiwa per km2, meliputi 8.304 rumah tangga (KK). Duren merupakan desa dengan jumlah penduduk terbanyak dan terpadat di Kecamatan Klari. 

Dibandingkan dengan desa lainnya di Kecamatan Klari, Desa Duren memiliki fasilitas pendidikan yang paling lengkap, meliputi 11 sekolah, terdiri dari empat SD, satu MI, satu SLTP, satu MTs, satu SMU dan tiga SMK.


Sumber:
BPS Kab Karawang. 2018. Kecamatan Klari dalam Angka 2018. Dalam https://karawangkab.bps.go.id/publication/ (Diakses 17 Januari 2019)

Google Map. 2019. Desa Duren Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Dalam:
https://goo.gl/maps/hcZZ1ekhkeo (Diakses 17 Januari 2019).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Camat Klari dukung Program Citarum Harum

"Dalam acara minggon kecamatan saya selalu tekankan pada para kepala desa agar selalu menjaga K3 sesuai dengan perda nomor 6 tahun 20...