Sabtu, 15 September 2018

Desa Curug, Bendung Curug dan 1,3 Juta Pelanggan Air Bersih Di Jakarta

Desa Curug dan Bendung Curug
(Peta : BPS Kab Karawang 2018)
Info Klari - Berdasarkan data dari BPS Kabupaten Karawang (2018) Desa Curug Kecamatan Klari memiliki luas wilayah 5,43 km2 atau sekitar 11 persen dari luas Kecamatan Klari. Melalui data-data yang bersumber dari BPS Kabupaten Karawang, data-data yang tersebar di berbagai situs web dan aplikasi Google Map dan peta-peta lainnya penelusuran keberadaan Desa Curug dimulai.


Lokasi Desa Curug terdapat di bagian barat daya/selatan Kecamatan Klari berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Purwakarta di sebelah selatan; dengan Desa Karanganyar di sebelah timur; Desa Cimahi di sebelah utara; dan Kecamatan Ciampel (Desa Mulyasari dan Mulyasejati) di sebelah barat. Desa Curug dengan Kecamatan Ciampel dipisahkan oleh Sungai Citarum.



 Di Desa Curug terdapat Bendung Curug yang memiliki peranan sangat strategis, antara lain sebagai sarana pengatur pasokan air (termasuk bahan baku air minum) ke wilayah DKI Jakarta (terutama Jakarta Timur). Bendung Curug masuk dalam pengelolaan Perusahaan Jasa Tirta II Jatiluhur (PJT II), memasok kebutuhan air bersih untuk 1,3 juta pelanggan dari Thames PAM Jaya dan Paljaya Jakarta. (Atep Afia Hidayat/ Info Klari)



Sumber :
Maharani, Esthi. 2012. Bendung Curug Jebol Pelanggan Air Minum Jakarta Tak Perlu Khawatir. Republika. Dalam https://republika.co.id/berita/breaking-news/metropolitan/11/01/12/157931-bendung-curug-jebol-pelanggan-air-minum-jakarta-tak-perlu-khawatir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Camat Klari dukung Program Citarum Harum

"Dalam acara minggon kecamatan saya selalu tekankan pada para kepala desa agar selalu menjaga K3 sesuai dengan perda nomor 6 tahun 20...