Senin, 15 Juli 2019

STRATEGI SOSIALISASI PROGRAM PELESTARIAN SUNGAI CITARUM MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN PORTAL CITARUMPEDIA UNTUK KALANGAN KEPALA DESA DI KECAMATAN KLARI KABUPATEN KARAWANG


Pada hari Selasa, 5 Maret 2019, mulai Pukul 10.00 WIB berlangsung kegiatan Strategi Sosialiasi Program Pelestarian Sungai Citarum Melalui Pelatihan Penggunaan Portal Citarumpedia untuk Kalangan Kepala Desa Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, bertempat di Aula Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Provinsi Jawa Barat.

Keberadaan media informasi cukup penting untuk menumbuh-kembangkan pengetahuan, pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Portal Citarumpedia dibuat sebagai salah satu solusi terhadap kurang dan terbatasnya media informasi dan komunikasi yang khusus menampilkan berita dan publikasi mengenai Sungai Citarum.

Portal Citarumpedia dengan tagline “Kumpulan Berita dan Publikasi Sungai Citarum” dikembangkan sebagai  bentuk kepedulian terhadap kondisi ekosistem Sungai Citarum yang semakin memprihatinkan. Untuk merehabilitasi ekosistem Sungai Citarum tak kurang dari pemerintah pusat sudah menggulirkan Program Citarum Harum, yang berawal dan terinspirasi oleh gagasan dan upaya yang dilakukan oleh Kodam Siliwangi.

Permasalahan mitra umumnya menyangkut tingkat kesadaran dan kepedulian lingkungan yang memerlukan edukasi lebih lanjut. Oleh sebab itu memerlukan media informasi yang akurat dan mudah diakses, seperti dalam bentuk portal web. Di sisi lainnya publikasi ilmiah baik dalam bentuk buku, artikel ilmiah dan artikel ilmiah popular perlu disebarluaskan kepada masyarakat, dengan harapan bahwa bahan publikasi tersebut tidak sekedar menjadi opini yang tidak dapat diterapkan.


Kecamatan Klari meliputi 13 desa, yaitu  Karang Anyar, Curug, Cimahi, Sumur Kondang, Walahar, Kiara Payung, Gintung Kerta. Anggadita, Klari, Cibalong Sari, Duren, Pancawati dan Belendung. Luas Kecamatan Klari mencapai 49,37 km2, dengan kisaran luas setiap desa antara 1,87 km2 (Kiara Payung) sampai 6,69 km2 (Cimahi). Jumlah penduduk penduduk Kecamatan Klari tahun 2016 sebanyak 141.844 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 2.873 jiwa per km2. Kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 2.511 jiwa (Kiara Payung) sampai 29.040 jiwa (Duren). Delapan dari 13 desa di Kecamatan Klari tergolong desa perkotaan, dan lima desa masuk desa pedesaan. (BPS Kab Karawang, 2017).

Melalui kegiatan “Strategi Sosialisasi Program Citarum Harum Melalui Pelatihan Penggunaan Portal Citarumpedia untuk Kalangan Kepala Desa Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang”  diharapkan terjadinya peningkatan kemudahan dalam mengakses berita dan publikasi seputar Sungai Citarum di kalangan kepala desa yang akan disebarluaskan kepada masyarakat di desanya masing-masing.

Untuk pemecahan masalah rendahnya pemahamaan dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian ekosistem Sungai Citarum, maka dibuat Portal Citarumpedia (Kumpulan Berita dan Publikasi Sungai Citarum), sehingga dapat memberikan kemudahan untuk mengkases informasi dan publikasi Sungai Citarum selama 24 jam. Tindak lanjut berikutnya ialah tahapan sosialiasi keberadaan Portal Citarumpedia, sekaligus memberikan pelatihan bagaimana cara mengakses aplikasi web tersebut.

Khalayak sasaran atau peserta ” Strategi Sosialisasi Program Pelestarian Sungai Citarum Melalui Pelatihan Penggunaan Portal Citarumpedia untuk Kalangan Kepala Desa Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang” ialah kepala desa dan perangkat desa di 13 desa yang ada di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.

Keberadaan media sosial (Medsos) sangat strategis dalam kelancaran aliran informasi. Melalui Medsos informasi dapat tayang seketika (detik itu juga), sehingga rspon masyarakat menjadi lebih cepat. Dalam pemanfaatannya untuk meningkatkan animo, perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, keberadaan web-blog masih cukup penting, termasuk Portal Citarumpedia. Portal Citarumpedia dengan tagline “Kumpulan Berita dan Publikasi Sungai Citarum” dikembangkan sebagai  bentuk kepedulian terhadap kondisi ekosistem Sungai Citarum yang semakin memprihatinkan.

Keberadaan sungai dan daerah aliran sungai (DAS) di sekitarnya sebenarnya sudah sejak lama menjadi perhatian baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (Pemda). Berbagai regulasi mengenai sumberdaya air, sungai dan DAS sudah banyak yang digulirkan, namun dalam eksekusinya tidak menunjukkan keberhasilan. Portal Citarumpedia berupaya mengangkat keberadaan ekosistem Sungai Citarum dengan daerah aliran sungai di sekitarnya. Beragam aspek kehidupan masyakat yang berkaitan dengan keberadaan sungai menjadi terangkat kepermukaan. Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum telah digulirkan, persoalannya realisasi pelaksanaan belum menunjukkan hasil yang maksimal. Program revitalisasi Sungai Citarum perlu dukungan berbagai pihak, termasuk kepala desa dengan seluruh masyarakat desa. Dengan tersedianya informasi yang lengkap dan aktual mengenai Sungai Citarum, maka wawasan kepala desa menjadi bertambah, dan diharapkan dapat menyebarluaskannya untuk masyarakat yang ada di desanya.

Keberadaan Portal Citarumpedia diharapkan dapat mengedukasi kepala desa dan masyarakat desa, sehingga secara bersama-sama dapat memberikan kontribusi nyata bagi kegiatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum. Paltform web-blog Citarumpedia perlu dilengkapi dengan beragam Medsos lainnya seperti Facebook, Twitter dan WhatsApp, hal itu untuk memudahkan kepala desa dan masyarakat dalam mengakses beragam informasi yang disajikan Portal Citarumpedia. Hal itupun berdasarkan usulan dari peserta yang mengikuti kegiatan sosialiasi.

Sumber :
Laporan Program Pengabdian Masyarakat
STRATEGI SOSIALISASI  PROGRAM PELESTARIAN SUNGAI CITARUM  MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN  PORTAL CITARUMPEDIA  UNTUK KALANGAN KEPALA DESA   DI KECAMATAN KLARI  KABUPATEN KARAWANG
Univeristas Mercu Buana 2019



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Camat Klari dukung Program Citarum Harum

"Dalam acara minggon kecamatan saya selalu tekankan pada para kepala desa agar selalu menjaga K3 sesuai dengan perda nomor 6 tahun 20...